Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral Curhat Istri Tinggal Bareng Mertua, Depresi Sampai Harus ke Psikolog


STATUSBAPER.COM - Pasangan suami istri yang baru menikah ada yang memilih tinggal bersama mertua atau orangtua sendiri. Tentu saja dengan beragam alasan, mulai dari faktor ekonomi, menjaga kedua orangtua, budaya keluarga dan masih banyak lagi.
Saat memilih tinggal bareng mertua, pihak wanita ataupun pria biasanya merasakan ketidaknyamanan tersendiri. Mulai dari merasa tidak leluasa hingga mertua yang kerap ikut campur.

Wanita yang curhatannya viral ini termasuk yang merasakan hal tidak enak karena tinggal bersama mertua. Melalui akun TikTok @halohan2, dia mengungkapkan pilihannya untuk tetap bertahan meskipun tidak merasa nyaman hidup seatap dengan mertua.

"Kalau ada uneg-uneg mending diluapin semua gaes, jangan di pendem dah pokoknya #fyp. Sudah lama banget suami pengen bawa gue ke psikolog. Karena gue nya baper parah, apa-apa dimasukin ke hati, sensitif. Apalagi sama dan berhubung gue lagi marah sama si mertua. Akhirnya gue bikin jadwal sama psikolog," tulis akun TikTok @halohan2.

Dalam unggahannya, Hani mengaku sampai gemetaran ketika datang ke tempat psikolog. "Dan di tempat ini gue ceritain semua dari awal sampai sekarang. Kata-kata dari mertua yang bikin gue sakit hati. Di pertengahan cerita gue nangis dong saking sedihnya kali ya," tulisnya seraya memperlihatkan ruangan yang disebutnya sebagai tempat psikolognya.

Setelah selesai menceritakan semua yang dialaminya ke psikolog, Hani menuliskan keterangan diagnosa yang didapatnya kalau dia menderita depresi. "Kata psikolognya ternyata gue depresi apalagi habis melahirkan hawanya sensitif, hormon berubah. Ditambah si mertua gak ngerti dan gak paham gue, gue disuruh kuat-kuat dan kuat terus sama dia," kata Hani di unggahannya di TikTok.


"Akhirnya gue pulang dan masih harus kontrol 2 minggu kemudian. Btw ini gue disuruh ngisi soal bahasa cinta gais. Psikolog mau tahu bahasa cinta gue dan suami gue ceilah. H-1 sebelum kontrol ngisi tes lagi. Isinya pokoknya tentang perasaan gue gimana hahay. Dan ternyata depresi gue semakin parah gue dikasih dua pilihan. Di rujuk ke RS buat dikasih obat atau fisioterapi aja sendiri di rumah," tulis Hani lagi.

Hani mengaku terkejut dan tak menyangka jika kesehatan mentalnya sudah terganggu. Dalam unggahannya, dia menjelaskan pesan-pesan yang diberikan oleh psikolog untuk suaminya.

"Pak, istri bapak dia seorang diri datang di keluarga baru, meninggalkan orang tuanya, harus bisa berbaur dengan keluarga baru. Sebisa mungkin kalau ada yang berkata gak enak atau ada yang seenaknya sama istri bapak, bapak harus bisa tegas dan bijaksana (tegas bukan berarti marah-marah ya pak). Karena apa? Istri kalau bukan berlindung di suami mau berlindung ke siapa? Kalau bukan ke suaminya? Karena umumnya memang istri dan mertua susah untuk akur," tulis Hani menirukan pesan dari psikolog untuk suaminya.

"Jadi istri bapak tuh melihat bapak ada di depan mata, tapi tidak ada untuknya. Tidak ada sosok suami baginya. Jadi dia merasa sendiri, sesekali taro hpnya, duduk di samping istri, ngobrol kayak waktu pacaran dulu. Tanya keseharian nya ngapain aja. Itu kunci harmonis dan langgeng dalam rumah tangga," tulis Hani lagi.

@halohan2 kalo ada uneg2 mending di luapin semua gaes, jan di pendem dah pokoknya #fyp ♬ TAK INGIN USAI SADVIBES VERSION - sadvibes🥀
Baca juga:
Kartini Masa Kini, Kisah Ojol Perempuan Jadi Tulang Punggung Keluarga
Hani meminta warganet memberikan doa untuknya agar segera pulih. Video unggahan Hani soal tinggal bareng mertua hingga membuatnya depresi itu viral ditonton lebih dari 490 ribu Views dan mendapat lebih dari 2.000 komentar netizen. Warganet yang berkomentar, ada yang ikut curhat membagikan pengalaman serupa dan bertanya soal biaya ke psikolog.

"Suami di belahan dunia manapun selalu
disambut baik sama keluarga istri beda lagi kalo nasibnya istri tdak semua orang suka termasuk orang yang dipercayai😂," curhat akun @sekar.

"Kak maaf mau tanya kalau mau konsul gini kena biaya berapa ya kak? Sepertinya aku butuh kamu konsul seperti ini🥺," tanya akun @dei ajeng dwi neing.

"Dulu aku waktu serumah sama mertua, sering cekcok sama mertua, apa-apa selalu ikut campur dan alhamdulilah aku pindah ke rumah orangtua," saut akun @Taurus🍭.

"Aku yang selalu disuruh sabar.. Lha kalau gak sabar dari dulu sudah minggat kali," kesal akun @mamie_mo.

"Ada pesan dari orangtua dulu. Jika sudah menikah lebih baik tinggal di rumah sendiri meskipun itu sewa dan lain-lain. Ternyata ada tujuan yang baik dari pesan tersebut," jelas @Rara_Althofunnisa.

"Saran aja buat yang mau atau belum nikah, sebisa mungkin jangan mau tinggal sama mertua, sebaik-baiknya mereka bukan orang tua kita sendiri," saran akun @Anak mama.

Wolipop sudah menghubungi Hani, sebagai pengunggah video TikTok @halohan2 yang curhat pengalaman tinggal bareng mertua. Ia sudah memberikan izin untuk mengutip video unggahannya. Namun Hani enggan menceritakan lebih lanjut kisahnya.

Sumber : wolipop

Post a Comment for "Viral Curhat Istri Tinggal Bareng Mertua, Depresi Sampai Harus ke Psikolog"